Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8 Elite, Janjikan Performa 3 Kali Lebih Cepat

snapdragon 8 elite 2

Qualcomm secara resmi memperkenalkan prosesor terbarunya, Snapdragon 8 Elite, dalam acara Snapdragon Summit 2024 di Maui, Hawaii, Selasa (22/10/2024).

Chipset ini menghadirkan peningkatan performa signifikan dibandingkan generasi sebelumnya melalui arsitektur CPU Oryon yang baru.

Mengutip dari detikInet, Chris Patrick, Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets Qualcomm Technologies, Inc., menyatakan bahwa Snapdragon 8 Elite menghadirkan kemampuan CPU, GPU, dan NPU terdepan dengan peningkatan dramatis dalam kinerja dan efisiensi daya.

Snapdragon 8 Elite Jadi Prosesor Fabrikasi 3nm Pertama dari Qualcomm

snapdragon 8 elite 3

Dibangun menggunakan proses fabrikasi 3nm TSMC, Snapdragon 8 Elite mengusung arsitektur CPU Oryon yang dikembangkan berdasarkan teknologi dari akuisisi Nuvia.

Prosesor ini memiliki dua inti Prime berkecepatan 4,32 GHz dan enam inti Performance 3,53 GHz, dilengkapi cache L2 24MB untuk pengambilan data yang lebih cepat.

Cisco Cheng, Senior Director of Product Marketing Qualcomm, mengungkapkan bahwa Snapdragon 8 Elite menawarkan peningkatan kinerja CPU dan GPU hingga tiga kali lipat, serta performa NPU 12 kali lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya. Chipset ini juga mencatatkan efisiensi 44% lebih baik dengan penghematan daya total 27%.

Dalam hal grafis, GPU Adreno 755 memberikan peningkatan performa hingga 40% dan ray tracing 35%. Snapdragon 8 Elite juga menjadi chip mobile pertama yang mendukung Unreal Engine 5.3 Nanite untuk kualitas visual setara film pada game mobile.

Chipset ini akan hadir dengan dukungan RAM hingga 24GB, kemampuan merekam video 8K HDR 60fps, serta konektivitas WiFi 7 dan 5G dengan kecepatan download hingga 10 Gbps.

Jajaran HP yang Akan Gunakan Snapdragon 8 Elite

snapdragon 8 elite 1

Sejumlah produsen smartphone terkemuka telah dikonfirmasi akan mengadopsi Snapdragon 8 Elite, termasuk Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, Asus, Honor, iQOO, dan OnePlus.

Namun, belum ada rincian terkait HP jenis apa yang nantinya akan menggunakan chipset tersebut.

Baca juga:

Jika mengingat bahwa Snapdragon 8 Elite ini adalah chipset terkuat dari Qualcomm, hampir bisa dipastikan kalau chipset ini akan digunakan pada HP flagship.

Jadi, jika sobat tekno ingin mendapatkan HP dengan Snapdragon 8 Elite, siap siap saja untuk merogoh kocek lebih dalam nantinya.

Terus pantau TEKNOVRS.COM untuk mendapatkan berita terkini seputar gadget dan teknologi.