Google Luncurkan Pixel 9 Dengan Gemini AI

image 2024 08 14 105641536

Google baru saja mengadakan acara mereka, Made by Google 2024, yang diselenggarakan 13 Agustus 2024 kemarin.

Dalam acara tersebut, Google meluncurkan jajaran smartphone seri Pixel terbaru: Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro Fold, dan Pixel 9 Pro XL. Menariknya, kini semuanya memiliki kemampuan AI baru yang didukung Gemini

Selain smartphone, ada juga gawai pintar atau wearables yaitu Pixel Watch 3, dan earbud Pixel Buds Pro 2 yang diumumkan secara bersamaan.

Spesifikasi Google Pixel 9

Screen Shot 2024 08 14 at 12.34.58
Sumber gambar: theindependent.co.uk

Untuk pertama kalinya, Google juga menawarkan dua ukuran model pro dengan Pixel 9 Pro dan 9 Pro XL yang tersedia dalam ukuran 6,3 inci dan 6,8 inci.

Pixel 9 standar hanya memiliki layar 6,3 inci sedangkan Pixel 9 Pro Fold memiliki layar yang dapat dibuka menjadi 8 inci.

Model Pixel 9 memiliki desain kamera belakang yang berada di bagian tengah, dan menggunakakan bagian belakang dengan bahan kaca matte dan sisi menggunakan logam.

Google mengklaim bahwa smartphone terbaru mereka ini dua kali lebih tahan lama dibandingkan dengan Pixel 8.

Google menggunakan layar OLED terbarunya yang disebut Super Actua untuk Pro, Pro XL, dan Fold, dan ketiganya punya kecerahan lebih terang daripada model generasi sebelumnya. Google juga menggunakan Corning Gorilla Glass Victus 2 yang membuatnya lebih tahan lama.

Google menggunakan layar OLED baru yang disebutnya “Super Actua” untuk Pro, Pro XL, dan Fold, dan ketiganya lebih terang daripada model generasi sebelumnya. Pixel 9 Pro Fold 80 persen lebih terang daripada Pixel Fold. Google juga menggunakan Corning Gorilla Glass Victus 2.

Pixel terbaru ini juga dilengkapi dengan Google Tensor G4 yang menurut Google dibuat khusus untuk AI seperti Gemini.

Chipset ini lebih cepat dan lebih hemat daya daripada prosesor Google sebelumnya, dengan Google juga menambahkan lebih banyak RAM. Baterai dan teknologi kamera juga ditingkatkan, dengan Pixel 9 Pro mengadopsi lensa telefoto 5x dengan Zoom Super Res 20x.

Gemini, AI Milik Google yang Terintegrasi Pada Pixel 9

teknovrs pixel9 1
Gambar dari Google Blog

Gemini juga telah terintegrasi secara mendalam untuk aplikasi Google dengan dukungan untuk Gemini Live pada model Pro. Gemini Live memerlukan langganan Gemini Advanced dan menawarkan banyak fitur keren dengan asisten AI.

Pengguna Pixel dapat berkomunikasi dengan Gemini menggunakan teks, gambar, atau suara. Pixel Studio adalah aplikasi baru yang dilengkapi generator gambar pada perangkat yang membuat stiker dan gambar menggunakan perintah berbasis teks.

Ada beberapa kemampuan fotografi yang tersedia, seperti Add Me, fitur yang menggunakan augmented reality dan AI untuk menambahkan fotografer ke dalam bidikan dengan menggabungkan beberapa gambar menjadi satu.

Bingkai otomatis memungkinkan gambar dibingkai ulang untuk komposisi yang lebih baik, Zoom Enhance mengisi piksel yang hilang sehingga pengguna dapat memperbesar lebih jauh setelah mengambil gambar, dan Magic Editor mendukung pengeditan foto dengan perintah teks.

Baca Juga: Apple Intelligence Akan Berbayar? Berapa Harganya?

Jangan sampai ketinggalan update terbaru seputar inovasi Google dan teknologi lainnya. Terus ikuti teknovrs.com untuk informasi seputar teknologi dan daget terkini!

Disunting oleh: Akbar Priono