Google Luncurkan AI Gemini, Diklaim Lebih Pintar dari ChatGPT?

img 0209 1

Google resmi meluncurkan model bahasa besar (Large Language Model) terbarunya, Gemini, pada Rabu (6/12/2023).

Dalam pengumuman ini, Google menawarkan tiga tingkatan, yaitu Gemini UltraGemini Pro, dan Gemini Nano, sebagai langkah serius dalam bersaing dengan model bahasa GPT karya OpenAI.

Gemini Ultra: Pesaing GPT-4 dengan Peningkatan AI Chatbot Bard

img 0208 1

Gemini Ultra, versi paling canggih dari Gemini, diklaim Google mampu meningkatkan kinerja AI chatbot Bard secara signifikan.

Sundar Pichai, CEO Google, memberikan testimoni bahwa Gemini membawa peningkatan dalam pemahaman dan responsifitas Bard. Gemini Ultra juga akan menjadi bagian integral dari versi berbayar Google Bard yang diberi nama Bard Advanced.

Gemini Pro: Pesaing GPT-3.5 pada ChatGPT versi Gratis

Gemini Pro, sebagai versi menengah, saat ini telah diimplementasikan pada chatbot berbasis kecerdasan buatan, Bard.

Meskipun baru tersedia untuk pengguna berbahasa Inggris di 170 negara, Google berencana untuk memperluas cakupan bahasa dan negara dalam waktu dekat.

Gemini Nano: Efisiensi pada Ponsel Android Pixel 8 Pro

Gemini Nano, versi yang lebih efisien, diperkenalkan melalui pembaruan OTA pada Pixel 8 Pro.

Ini mendukung fitur Summarize dan Smart Reply di aplikasi perekam Pixel 8 Pro, dengan rencana ekspansi ke aplikasi perpesanan dan bagian lain dari sistem operasi.

Baca Juga >> iQOO 12 Meluncur, HP Flagship 10 Jutaan, Pakai Snapdragon 8 Gen 3

Integrasi dengan Produk Lain dan Rencana Masa Depan

img 0207
Dokumentasi – Jason Henry dari New York Times

Google berencana untuk mengintegrasikan model bahasa besar Gemini dengan berbagai layanan, termasuk Chrome, Google Search, Iklan, dan lebih banyak lagi.

Google merinci peluncuran Gemini, yang mencakup integrasinya ke berbagai produk yang ada dalam beberapa hari dan bulan ke depan. Pertama, mulai 6 Desember, Gemini akan hadir di Bard.

Pengalaman baru ‘Bard dengan Gemini Pro’ akan tersedia di AS dan beberapa wilayah lain, namun tidak di Kanada, yang masih belum memiliki akses ke Bard yang sudah ada.

Ketika ditanya, Google hanya menyebutkan bahwa mereka “bekerja dengan kebijakan dan regulator lokal sebelum melakukan ekspansi.”

Baca Juga >> Rekomendasi HP Harga 3 Jutaan Terbaik di Tahun 2023

Kesimpulan

Peluncuran Gemini membawa peningkatan signifikan dalam berbagai aspek AI, dengan fokus pada kinerja multimodal. Tantangan dan peluang di pasar kecerdasan buatan pun muncul seiring kedatangan Gemini.