Hadirkan Peningkatan, ASUS Umumkan ROG Ally X di Computex 2024

rogallyX feat

Computex 2024 telah dimulai! Acara ini merupakan salah satu pameran teknologi terbesar ini di Nangang Exhibition Center, Taipei, Taiwan, mulai tanggal 4 – 7 Juni 2024 mendatang.

Namun, menariknya ASUS justru mencuri perhatian sebelum acara tersebut dimulai.

ASUS mengumumkan versi upgrade dari konsol game handheld miliknya pada tanggal hari Minggu, 2 Juni 2024 lalu. Konsol ini bernama ROG Ally X, versi upgrade dari perangkat handheld gaming ROG Ally.

Lalu apa bedanya ROG Ally X dari versi-versi sebelumnya?

Peningkatan Baterai, Memori, Sistem Pendingin, dan Joystick

Mengutip JagatReview, ROG Ally X menghadirkan beberapa upgrade spesifikasi ketimbang dari pendahulunya. Beberapa aspek yang mendapat upgrade adalah baterai, memori, sistem pendingin, dan joystick.

Kapasitas baterai meningkat menjadi 80Wh, dua kali lipat lebih besar dari versi sebelumnya, yang memberi daya tahan lebih lama. ASUS menggunakan material polycarbonate yang lebih ringan untuk mengimbangi peningkatan berat dari baterai.

Dari sisi memori, ROG Ally X mendapat peningkatan dari sisi kapasistas dan teknologi RAM yang digunakan.

Kini, konsol game handheld tersebut menggunakan RAM sebesar 24GB dengan menggunakan teknologi RAM LPDDR5X-7500. Teknologi tersebut diklaim lebih cepat sekitar 15% dari versi sebelumnya.

Peningkatan drastis juga terjadi pada sistem pendingin. Desain pendingin lebih ramping hingga 23%, dengan fanblade yang lebih tipis hingga 50%. Efektivitas airflow meningkat 24%, yang mampu menurunkan suhu perangkat hingga 6°C. Perangkat ini juga dilengkapi dengan tiga lubang exhaust untuk pendinginan yang lebih optimal.

Bagian joystick dan grip juga mengalami peningkatan. Joystick kini dibuat lebih durable dengan penggunaan hingga 5 juta siklus, dari sebelumnya hanya 2 juta siklus. Bagian grip ditingkatkan dengan tekstur baru dari teks ROG, memberikan pegangan yang lebih nyaman dan tidak licin.

Masih Membawa Chipset AMD

rogallyX
Sumber Foto: JagatReview

Selain dari bagian-bagian yang disebutkan di atas, spesifiksi ROG Ally X terbilang masih kurang lebih sama.

Layarnya 7 inci dengan resolusi Full HD, refresh rate 120Hz, dan kecerahan 500 nits. Bobotnya kini lebih berat 70 gram dan lebih tebal 4,5mm dibandingkan pendahulunya. Namun hal tersebut terjadi karena upgrade di sisi baterai yang lebih besar.

Lalu bagaimana dengan chipset dan performa?

Sayangnya, tidak ada upgrade performa di ROG Ally X

ROG Ally X masih menggunakan AMD Ryzen Z1 Extreme APU dengan 8 core/16 Threads. Lebih lengkapnya, prosesor tersebut masih menggunakan arsitektur Zen4 dan 12 Compute Units RDNA3. Untuk penyimpanan, perangkat ini dilengkapi dengan SSD M.2 2280 PCIe 4 dan slot tambahan untuk upgrade, serta slot SD Card yang desainnya juga sudah ditingkatkan.

Satu perubahan kecil lain adalah opsi konektivitas.

Port ROG XG Mobile, kini digantikan dengan dua buah USB type-C. Salah satu port tersebut sudah berteknologi USB4 yang mendukung DisplayPort 1.4 dan Power Delivery 3.0 hingga 100W.

Itu artinya, port USB tersebut bisa digunakan untuk dicolokkan ke monitor sebagai display external ataupun digunakan sebagai charging port.

Berita lainnya: Samsung Pasang AI ke Galaxy Watch Lewat Update One UI 6 Watch

Berapa Harga ASUS ROG Ally X?

Sayang ASUS masih belum mengumumkan harga resmi dari ROG Ally X.

Kita masih harus menunggu pengumuman harga resminya. Bagaimana menurut Anda, berapa harga yang pantas untuk perangkat canggih ini?

Pantau terus teknovrs.com untuk update terbaru dan ulasan lengkap mengenai ROG Ally X dan gadget lainnya!