Apa Itu ROM HP: Kepanjangan, Cara Kerja, dan Perbedaannya Dengan RAM

ROMHP 1

ROM HP sebenarnya bisa juga diartikan sebagai kapasitas storage atau penyimpanan internal dari smartphone. Saat kita melihat spesifikasi sebuah smartphone, ROM biasanya muncul bersandingan dengan RAM; misalnya RAM 8GB dan ROM 256GB. Kapasitas ROM menetukan seberapa banyak aplikasi, file, serta foto & video yang bisa kamu simpan di dalam sebuah HP.

Jadi, sebenarnya apa itu ROM HP? Apa fungsinya di dalam sistem smartphone? Mari kita kupas lebih dalam salah satu aspek smartphone yang satu ini.

1. Apa Itu ROM HP? Kepanjangan dan Fungsi

ROMHP 3

ROM HP merupakan kepanjangan dari Read-Only Memory yang artinya adalah memori yang bersifat baca-saja. ROM merupakan komponen yang dapat menyimpan dan membaca data yang bersifat permanen.

Laman Samsung menjelaskan, bahwa fungsi ROM HP adalah tempat untuk menyimpan data permanen dari sistem operasi, aplikasi, dan data lain yang tidak berubah setiap detik. ROM dapat menyimpan data lebih lama karena data tidak akan hilang ketika ROM tidak dialiri listrik.

Pada intinya semua file di HP tersimpan pada komponen ROM. File yang dimaksud termasuk OS smartphone-mu, aplikasi yang kamu install, foto dan video yang kamu rekam, dan file-file lainnya

2. Jenis-jenis ROM HP

Ada beberapa jenis ROM HP yang umum digunakan, termasuk

  • ROM Pembacaan Saja: Menyimpan data tetap dan tidak dapat diubah.
  • PROM (Programmable ROM): Memungkinkan pengguna untuk memprogram informasi ke dalam ROM sekali saja.
  • EPROM (Erasable Programmable ROM): Memungkinkan pengguna untuk menghapus dan memprogram kembali informasi.
  • EEPROM (Electrically Erasable Programmable ROM): Memungkinkan pengguna untuk menghapus dan memprogram ulang informasi secara elektronik.

EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) adalah jenis memori ROM yang digunakan dalam sistem HP. Agar bisa menyimpan data dan aplikasi dengan lancar, HP biasanya menggunakan teknologi memori flash.

Ada dua jenis memori flash yang sering digunakan pada HP di pasaran yaitu eMMC dan UFS. Secara umum, perbedaan terbesar dari dua jenis flash tersebut adalah pada kecepatan baca-tulis.

eMMC cenderung punya kemampuan baca-tulis lebih lambat ketimbang UFS. Kecepatan baca-tulis memori flash tersebut bisa mempengaruhi performa HP kamu, contohnya kecepatan loading game ataupun aplikasi yang akan kamu buka.

3. Perbedaan ROM dan RAM

apa itu ram hp feat
Contoh kapasitas RAM pada HP

Perbedaan utama ROM dan RAM adalah cara kedua komponen tersebut dalam menyimpan data. ROM menyimpan data secara permanen, RAM menyimpan data secara sementara. Tetapi, perbedannya tidak hanya itu saja.

Secara umum perbedaan dua komponen penyimpanan tersebut adalah:

  1. Perbedaan cara kerja: ROM menyimpan data secara permanen, RAM menyimpan data secara sementara
  2. Perbedaan data yang disimipan: ROM adalah tempat HP kamu menyimpan sistem operasi, aplikasi, file, serta foto & video. Sementara RAM adalah tempat menyimpan instruksi dari aplikasi yang sedang dijalankan oleh CPU.
  3. Perbedaan kapasitas: ROM berkapasitas lebih besar (biasanya 64GB++) sementara RAM lebih kecil (biasanya 4GB++).
  4. Kegunaan ROM: Semakin besar ROM maka kamu bisa menginstall lebih banyak aplikasi, menyimpan lebih banyak foto dan video, serta file lainnya.
  5. Kegunaan RAM: Semakin besar RAM maka kamu akan bisa menjalankan lebih banyak aplikasi dalam satu waktu

RAM adalah memori utama HP yang menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses oleh CPU.

RAM dapat menyimpan data secara acak dan dapat diakses dengan cepat oleh prosesor. Data yang disimpan di RAM bersifat sementara, misalnya saat aplikasi digunakan.

ROM adalah memori utama HP yang menyimpan instruksi dan program komputer yang tidak perlu diubah di masa mendatang.

ROM dapat menyimpan data lebih lama karena data tidak akan hilang ketika ROM tidak dialiri listrik. Data yang disimpan di ROM bersifat permanen atau tidak hilang saat perangkat dimatikan.

Maka dari itu, ROM dan RAM jadi punya perbedaan kapasitas penyimpanan yang jauh.

Dalam sistem HP, komponen ROM biasanya berkapasitas 64 GB++ karena harus menyimpan data permanen. RAM biasanya berkapasitas setidaknya 4GB++ karena data yang disimpan bersifat sementara.

Baca Juga >> Apa itu RAM HP? Fungsi, Peran & Pengaruhnya Pada Performa

4. Apakah ROM sama dengan Memori Internal

Secara istilah, ROM memiliki arti yang sama memori internal.

Maka dari itu, kapasitas ROM sama dengan kapasitas memori atau penyimpanan internal, yang berarti menentukan seberapa banyak aplikasi, file, foto dan video, bisa disimpan di dalam HP. Kalau HP yang kamu beli memiliki spesifikasi ROM tertulis 128GB, berarti itulah besaran kapasitas penyimpanan internal HP kamu.

Tetapi penyebutan ROM sebagai istilah lain dari memori internal sebenarnya adalah suatu salah kaprah.

JagatReview menjelaskan, secara teknis penyimpanan internal HP itu bersifat membaca data dan menulis data. Proses membaca data terjadi saat kamu membuka sebuah aplikasi, sementara proses menulis data terjadi saat kamu meng-install aplikasi.

Sementara itu secara teknis, ROM itu sebenarnya hanya bisa membaca data saja. Jadi, penulisan ROM sebagai storage internal pada spesifikasi HP sebenarnya adalah sebuah salah kaprah.

Namun, penggunaan istilah ini akhirnya tetap diteruskan, mungkin agar memudahkan penyebutan.

5. Apakah ROM Bisa Ditambah

ROMHP 2

ROM pada HP tidak bisa ditambahkan karena komponen di ponsel zaman biasanya sudah tertanam. Karena sifatnya yang tertanam, maka ROM jadi tidak bisa dicopot-pasang dengan mudah oleh pengguna awam.

Namun ada alternatif lain jika kamu ingin menambahkan penyimpanan internal HP.

Alternatif yang pertama adalah dengan menggunakan Micro SD. Menambahkan memori internal dengan micro SD itu mudah. Kamu tinggal memasukkan micro SD yang sudah kamu miliki ke dalam slot yang disediakan oleh smartphone.

Alternatif kedua adalah dengan menyimpan file di internet menggunakan cloud (Contoh: Google Drive). Opsi ini cocok apabila kamu selalu terhubung ke internet dan memiliki wifi sendiri di rumah.

Tetapi harap diingat bahwa kamu tidak bisa menginstall aplikasi pada dua opsi penambahan penyimpanan internal tersebut. Kamu hanya bisa menggunakan micro SD ataupun Google Drive untuk menyimpan file seperti dokumen, foto, video, dan lain sebagainya.

Baca Juga >> Redmi Note 13 Pro 5G: Spesifikasi, Harga, Serta Kekurangan Kelebihan

Kesimpulan

Jadi, sudah terjawab ya! Semua hal serba-serbi seputar ROM HP. Mulai dari fungsinya, perbedaannyaa dengan RAM, kesamaannya dengan memori penyimpanan internal, sampai penjelasan soal kemungkinan penambahan ROM di dalam sebuah HP.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu lebih memahami spesifikasi HP dan menjadi panduan saat kamu ingin membeli sebuah smartphone ya!